Terdapat Planet Mirip Bumi

Kamis, Januari 22, 2009 / Posted By Tycos Squad /

TERDAPAT PLANET MIRIP BUMI

Di antara miliaran bintang yang ada, kebolehjadian menemukan planet seperti Bumi jelas ada, dan salah satunya memang telah ditemukan, yakni planet yang mengelilingi bintang redup Gliese 581 C, yang terletak pada jarak 20,5 tahun cahaya dari Bumi, dan berada pada Rasi Libra (Catatan: Jarak Bumi-Gliese 581 C adalah setara dengan 20,5 x 9,5 triliun kilometer). Penemuan dilakukan dengan teleskop European Southern Observatory (ESO) bergaris tengah 3,6 meter yang ada di gurun Atacama, Cile.

Salah satu yang menjadi landasan bagi para astronom penemu untuk mengatakan planet tersebut serupa dengan Bumi adalah kemungkinan adanya air yang mengalir di permukaannya. Ini bias terjadi karena suhu planet tersebut sedang, artinya tidak seekstrem Merkurius. Stephane Udry dari observatorium Geneva yang mengepalai penulisan laporan penemuan ini di jurnal Astronomy and Astrophysics terbitan mendatang menyebutkan, suhu rata-rata planet ini antara 0 – 40 derajat Celsius, sehingga memungkinkan adanya air dalam wujud cair.

Dengan adanya air dalam bentuk cair, ada pula kemungkinan terdapat kehidupan di planet yang oleh para astronom lalu disebut “Super-Earth” ini. Lebih jauh lagi disebutkan bahwa radius planet hanya 1,5 kali radius bumi, dan model yang dibuat memperlihatkan planet ini merupakan planet bebatuan-seperti halnya bumi-atau tertutup oleh lautan.

Perbandingan antara Bumi dan Gliese 581 c


Gliese 581 c memiliki periode orbit 13 hari Bumi dan mengorbit 14 kali lebih dekat kepada bintang utamanya daripada orbit Bumi mengelilingi Matahari, sekitar 11 juta kilometer dari bintangnya, sementara Bumi berjarak 150 juta kilometer dari Matahari.

Karena sifat khasnya ini, planet Bumi Super diyakini akan jadi fokus penyelidikan misi antariksa mendatang. Gliese 581 c memiliki beberapa tantangan untuk dijelajahi dan dipelajari. Planet ini tidak pernah secara langsung diamati, dan pencarian akan tanda-tanda kehidupan akan memakan waktu beberapa tahun. Namun, menurut anggota tim peneliti Xavier Delfosse: Karena temperatur dan relatif dekatnya, planet ini akan menjadi target paling penting dalam misi luar angkasa di masa depan yang untuk mencari kehidupan luar angkasa. Dalam peta harta karun angkasa luar, kita akan tergiur untuk menandai planet ini dengan tanda X. Jika satelit dikirim dari Bumi untuk mengeksplorasi Gliese 581, akan memakan waktu 20,5 tahun untuk mencapainya dalam kecepatan cahaya.


Label:

0 Comment:

B) :F :$ :J :( O: :K :D :M :S :) :O :P :@ :L :8

Posting Komentar

*
+
*
+
*
*
+
*
*
+
*